Pages

slide show

Bagaimana menghilangkan rasa malas?

Bagaimana menghilangkan rasa malas?

Beberapa kali mengikuti seminar, dan beberapa kali mengikuti workshop, pertanyaan ini sering terlintas untuk saya tanyakan. Para pembicara menyampaikan pandangannya dengan berbagai jawaban yang pada intinya sama yaitu "Ubahlah kebiasaan Anda". Sayangnya pada saat saya belum memahami maksud mereka tersebut dulu, saya masih merasa seperti dibelenggu oleh rasa malas yang sangat akut.

Hari-hari pun telah saya jalani untuk mencoba memahami apa yang harussaya lakukan sebenarnya. Bagaimana saya harus mengubah kebiasaan ini, dan haruskah saya terus memelihara kebiasaan yang mungkin nantinya bisa "membunuh" saya?


Akhirnya jawabannya adalah saya harus berdamai dengan diri saya sendiri. Kenapa seperti itu? Jawaban pun datang begitu saja. Ternyata saya terlalu memanjakan diri saya dan membiarkan keinginan yang menguasai diri.


Proses penyadaran diri saya ini memerlukan waktu yang tergolong cukup lama, berjuang pun adalah pilihan yang tepat. Saya membutuhkan diri saya yang rajin, diri saya yang memiliki integritas yang tinggi, dan membutuhkan diri saya yang berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan.


Akhirnya kini pelan namun pasti hal itu mulai terwujud, sifat malas yang sebelumnya hampir menggerogoti seluruh pikiran saya mulai sedikit demi sedikit berkurang.


Pada intinya, perubahan sebenarnya yang memiliki peran yang sangat besar adalah dimulai dari sendiri, mulailah dengan berdamai dan kemudian ubahlah dari yang terkecil terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar